Ketua PSI Jakarta Sentil Ade Armando yang Mengaku Nasionalis Namun Pernyataannya Menyinggung SARA

Ketua DPW PSI DKI Jakarta Michael Victor Sianipar.


RIAUEXPRES.COM - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar menyayangkan narasi Ade Armando soal Anies Baswedan akan menang Pilpres 2024 jika suara umat Kristen terpecah.


Menurutnya, ucapan Ade Armando akan menyulut perpecahan antarumat beragama di Indonesia.


Padahal, kata Michael, Ade Armando kerap kali mengaku sebagai seorang nasionalis. Namun, pernyataannya kali ini malah menyinggung Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).


“Saya sangat menyayangkan narasi pecah belah ini. Sebagai seorang nasionalis dan seorang Kristen, saya merasa apa yang disampaikan Ade Armando berpotensi menyulut perpecahan antar umat beragama,” ujar Michael kepada wartawan, Jumat, 4 November 2022.


Michael meyakini setiap warga negara punya hak untuk menentukan pilihannya sendiri. Narasi yang seolah menggiring kelompok agama tertentu ke arah politik tertentu seperti yang disampaikan Ade, justru membuat situasi politik menjadi panas dan menumbuhkan rasa tidak percaya antara unsur masyarakat.


“Pilpres masih jauh, tolong jangan bangsa ini sengaja disulut agar panas dan meruncing dari sekarang. Ada orang-orang yang merasa dirinya paling nasional di republik ini, tapi malah merekalah yang sering menggunakan narasi perpecahan dan politik identitas," katanya, dikutip dari Suara.com.


"Tolong introspeksi diri, dan jangan menebar narasi kebencian dan mengakibatkan perpecahan bangsa yang berkepanjangan,” jelasnya menambahkan.


Michael berharap agar Ade Armando segera meminta maaf dan meralat pernyataannya itu agar kemarahan masyarakat tak semakin meluas.


“Saya kenal Bang Ade sudah lama, saya sayangkan pernyataan Beliau. Saya harap Bang Ade bisa mengakui dan meralat, dan agar ke depan tidak lagi mengeluarkan pernyataan yang tidak sensitif seperti ini,” pungkasnya.***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Ad