Hati-hati Jajan di Area CFD Pekanbaru, Ada Makanan Mengandung Boraks

Sejumlah makanan ringan di CFD Pekanbaru diketahui mengandung boraks.


RIAUEXPRES.COM - Sejumlah makanan yang dijajakan pedagang di area Car Free Day (CFD) Jalan Sudirman, Pekanbaru, ternyata ada yang mengandung boraks.


Hal ini diketahui setelah petugas dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru melakukan pengujian langsung sampel dari pengunjung pada CFD yang diadakan pada Ahad, 30 Oktober 2022 silam.


Dijelaskan Kepala BBPOM Pekanbaru Yosef Dwi Irwan, dari jajanan tersebut, pihaknya menemukan dua sampel makanan berbahaya yang mengandung boraks, yakni kerupuk nasi dan keripik tempe.


"Hal tersebut diketahui setelah petugas BBPOM Pekanbaru melakukan pengujian langsung sampel dari pengunjung yang membeli makanan ringan tersebut di lapangan dalam kegiatan edukasi yang digelar di areal CFD," ujar Yosef, Sabtu, 5 November 2022.


Setelah makanan tersebut teruji mengandung boraks, petugas BPOM kemudian mengedukasi pelaku usaha tentang bahaya penggunaan boraks pada makanan, serta pelaku usaha diminta untuk tidak lagi menjual produk tersebut.


"Dua sampel mengandung boraks tersebut, di dapat dari uji terhadap 36 sampel yang dilakukan di CFD. Stand BBPOM Pekanbaru di CFD juga menyediakan pengujian produk pangan yang mengandung empat bahan berbahaya seperti formalin, boraks, metanil yellow dan rhodamin B," katanya.


"Kami berharap edukasi yang diberikan dapat mencerdaskan masyarakat dalam memilih obat dan makanan yang aman melalui Cek KLIK (kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsa)," pungkasnya. ***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Ad