Dua Korban Tragedi Kanjuruhan Diautopsi Tim Independen PDFI

Makam korban tragedi Kanjuruhan akan dibongkar untuk dilakukan autopsi. (Foto: CNN Indonesia)


RIAUEXPRES.COM - Tim Independen Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) Jawa Timur mulai melakukan autopsi dua jenazah korban Tragedi Kanjuruhan di TPU Dusun Pathuk, Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.


Tim tersebut beranggotakan delapan orang. Terdiri dari enam operator di lokasi, dan dua penasihat.


"Kami membentuk tim independen yang terdiri dari dua penasihat enam operator," kata Ketua PDFI Jatim dr Nabil Bahasuan, ditemui di lokasi, Sabtu, 5 November 2022.


Nabil mengatakan tim itu dibentuk dari pelbagai institusi pendidikan kedokteran dan empat fasilitas kesehatan (faskes) di Jatim.


"Kami membentuk tim independen. Dari tiga elemen institusi pendidikan kedokteran dan empat faskes," ucapnya, sebagaimana dilansir CNN Indonesia.


Yakni dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hang Tuah Surabaya, FK Universitas Airlangga (Unair), FK Universitas Muhammdiyah Malang (UMM).


"Kemudian yang dari faskes dari RSUD Kabupaten Kanjuruhan, RSUD dr Soetomo Surabaya, RSUD Syarifah Bangkalan dan RS Pendidikan Unair," katanya.


Hal ini dilakukan mereka usai mendapat permintaan dari penyidik Ditreskrimum Polda Jatim.


"Kami PDFI Jatim mendapat permintaan dari penyidik berupa surat visum et repertum untuk melakukan melaksanakan penggalian jenazah korban Tragedi Kanjuruhan," kata dia.


Nabil pun memohon izin serta doa agar proses autopsi ini bisa berjalan baik. Mereka juga menyampaikan duka cita kepada para korban Tragedi Kanjuruhan.


"Kami mohon doa agar tim kami bosa meneylesaikan tugas ini. Izinkan kami bekerja," ucapnya.


Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto mengatakan autopsi ini dilakukan seusai arahan Kapolda Jatim Toni Harmanto.


"Arahan Pak Kapolda melakukan autopsi terhadap dua korban Kanjuruhan. Polda Jatim melakukan langkah-langkah. Pertama koordinasi sudah kami lakukan beberapa hari lalu sehingga harapan kami pelaksanaan hari ini bisa berjalan aman dan lancar," ucapnya.


"Kami juga membantu menyiapkan sarana yang diperlukan oleh tim dari PDFI Jatim dan Alhamdullillah ketua PDFI Jatim dr Nabil yang memimpin. Kami membantu menyiapkan pengamanan disini," pungkasnya.***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Ad