Besok Gerhana Bulan Total, Ini Daftar Daerah dan Waktu Melihatnya

Gerhana bulan total akan terjadi pada Selasa, 8 November 2022, dan bisa disaksikan hampir di seluruh wilayah Indonesia. (Foto: Kompas)



RIAUEXPRES.COM - Fenomena gerhana bulan total akan terjadi pada Selasa (8/11/22) esok di Indonesia. Gerhana Bulan total terjadi ketika Bumi, Bulan dan Matahari berada di dalam satu garis lurus.


Cahaya matahari akan terhalangi oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Bulan akan masuk seluruhnya ke dalam bayangan inti atau umbra bumi.


Akibatnya, tidak ada sinar matahari yang bisa dipantulkan ke permukaan bulan. Saat puncak gerhana bulan total terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah.


Lebar gerhana bulan total kali ini sebesar 1,3589 dengan jarak pusat umbra ke pusat bulan sebesar 0,2570. Gerhana ini termasuk ke dalam gerhana ke-20 dari 72 gerhana dalam Seri Saros 136 (1680-2960).


Seluruh daerah di Indonesia dapat mengamati terjadinya gerhana bulan total 8 November 2022. Hanya saja, khusus wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Bengkulu tidak dapat mengamati puncak gerhana bulan total ini.


Masyarakat Ternate, Tidore, Kepulauan Bacan, Sula, Seram Barat, Ambon, Maluku Barat Daya, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Sumenep, Situbondo, dan Banyuwangi bisa melihat gerhana ini sejak kontak awal hingga akhir penumbra.


Sedangkan di seluruh Pulau Jawa, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumsel, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, dan Lampung bisa melihat gerhana sejak kontak awal total hingga akhir penumbra. Lalu di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Bengkulu Utara bisa menyaksikan gerhana sejak kontak puncak hingga penumbra akhir.


Gerhana Bulan total di Indonesia akan dimulai pada pukul 15.02 WITA, 16.02 WIB, 17.02 WIT. Puncak gerhana bulan total akan terjadi pada 18.00 WITA,19.00 WITA, dan 20.22 WIB.


Gerhana bulan akan berakhir pada pukul 19.49 WIB, 20.49 WITA, dan 21.49 WIT. 


Dikutip dari Antara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pada 2022 terjadi 4 kali gerhana, yaitu dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan.



Dampak Gerhana Bulan Total

Fenomena gerhana bulan pada Selasa (8/11/22) esok, total tak memiliki dampak langsung yang dapat mempengaruhi manusia. Secara umum, konfigurasi bumi, bulan, matahari memang akan berpengaruh pada pasang maksimum.


Salah satu dampak fenomena yang mungkin akan terjadi akibat konfigurasi Bulan, Bumi dan Matahari ini adalah banjir rob. Banjir rob itu justru diprakirakan terjadi di Pantai Jawa Timur sekitar 7 November 2022.


Sementara di Pantai Jawa bagian barat dan tengah diperkirakan sekitar 12 November 2022.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Ad