Ahmad Dhani Tegaskan Penundaan Konser Dewa 19 di JIS Tak Terkait Politik

Ahmad Dhani


RIAUEXPRES.COM - Ahmad Dhani blak-blakan mengenai keputusan menunda konser tunggal Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS) yang mestinya digelar 12 November 2022 menjadi 4 Februari 2023.


Seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu, 3 November 2022, Dhani mengatakan penundaan tersebut berawal dari pembahasan antara penyelenggara dan kepolisian mengenai keamanan penonton.


"Ada perbedaan persepsi antara Polres dan Polda Metro dengan panitia yang menganggap 70 ribu penonton itu 'sama dengan' 25 ribu penonton," kata Ahmad Dhani.


Dhani kemudian menjelaskan bahwa kesiapan penyelenggara dalam menangani puluhan ribu penonton konser tunggal Dewa 19 itu menjadi perhatian utama.


Hal tersebut tak lepas dari rentetan permasalahan dalam sejumlah acara dengan jumlah massa besar yang terjadi belakangan ini. Dhani juga menilai serangkaian masalah tersebut memicu perhatian publik hingga aparat kepolisian terhadap konser tunggal Dewa 19 mendatang.


"Apalagi ada pemicu, berantakannya acara musik Berdendang Bergoyang, yang izinnya menjual 10.000 tiket ternyata yang terjual 21.000 tiket," tulis Ahmad Dhani.


"Pada akhirnya juga berdampak pada konser rakyat Dewa 19 di JIS yang tidak mendapat izin Polres dan Polda Metro sebelum panitia memberikan pemaparan tentang kesiapan mengatur 70 ribu penonton," lanjutnya.


Di sisi lain, kata Dhani, pihak Polda Metro Jaya juga menganggap waktu untuk pemaparan begitu terbatas karena sudah mendekati hari pelaksanaan. Penyelenggara akhirnya memutuskan untuk menunda agar dapat menyiapkan pemaparan.


Meski demikian, Ahmad Dhani mengaku yakin promotor mampu mengelola penonton konser tunggal Dewa 19 mendatang. Ia juga menegaskan bahwa tidak ada masalah dengan pihak kepolisian maupun unsur politik di baliknya.


"Saya yakin ini hanya miskomunikasi saja, tidak ada hal-hal berbau politik. Saya yakin Panitia bisa meng-handle 70.000 Baladewa-Baladewi dengan baik," ujar Dhani.


Di akhir pernyataan tersebut, pentolan Dewa 19 itu menjelaskan alasan memilih memindah tanggal pelaksanaan menjadi 4 Februari 2023.


Keputusan itu, kata Dhani, dibuat karena Dewa 19 akan menggelar tur ke Amerika Serikat pada pertengahan Desember 2022 hingga Januari 2023.


"Kenapa 4 Februari? Karena pertengahan Desember hingga Januari Dewa 19 ada jadwal Tour ke Amerika," ungkap Dhani.


Kabar penundaan konser Pesta Rakyat Dewa 19 di JIS diumumkan 10 hari menjelang ajang tersebut digelar. Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto menjelaskan keputusan itu dibuat seiring dengan rentetan tragedi di berbagai ajang keramaian belakangan ini.


Beberapa di antaranya bahkan memakan banyak korban jiwa, seperti Tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, hingga Tragedi Itaewon di Korea Selatan.


"Kami cukup aware dan prihatin dengan kejadian yang telah terjadi mengenai events dan keramaian yang telah terjadi sebelumnya," tulis Widi.


"Sebagai pihak penyelenggara acara, kami mempertimbangkan perlu mengkaji dan mempersiapkan acara kami nanti lebih matang lagi mengenai teknis pelaksanaan untuk acara Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 nanti," lanjutnya.***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Ad